Kewajiban Seorang Muslimah Terhadap Dirinya

Diantara kita, banyak sekali yang sekiranya kurang memperdulikan keadaan jasmaninya, karena mereka menganggap bahwa itu hal yang tidak penting. Bagi mereka, yang lebih penting adalah penunaian amanah-amanah dengan sukses dan sesuai dengan aturan-aturan yang telah diketahui. Kurang peduli terhadap jasmani atau fisik bisa seperti tidak menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi, sehingga seringkali tubuh mudah terkena penyakit atau virus, kemudian tidak diobati dengan tuntas sehingga menjadi penyakit yang begitu parah. Kekurangpedulian yang lainnya seperti tentang kebersihan tubuh. Kebersihan tubuh bisa seperti kebersihan pakaian, rumah tempat tinggal, kamar pribadi, kebiasaan sehari-hari, pergaulan di luar, dan lain-lain. Termasuk kurang peduli kepada penampilan, misalnya memakai pakaian dengan warna yang mencolok, tidak serasi, memakai pakaian tidak sesuai dengan waktunya atau acaranya dan jilbab yang tidak rapih.
Tetapi banyak pula muslimah yang memperlakukan tubuhnya secara berlebihan, sehingga cenderung berperilaku boros, baik untuk pakaian yang dikenakan, perawatan tubuh mereka, aksesoris perhiasan, dan lain sebagainya. Sehingga pakaian muslimah yang digunakan tidak seusai lagi dengan syar’i (penutup auratnya dengan tidak tipis/menerawang/ketat, berwarna mencolok mata).
Seorang muslimah yang mensyukuri nikmat tubuhnya, tentunya akan senantiasa bersikap proporsional sesuai kebutuhan dan koridor kepantasan, menjaga dan merawat fisiknya dengan baik. Menjaga asupan energi dari makanan dan minuman dengan memilih yang halal, bersih, serta bergizi. Berolahraga dengan teratur agar kesehatan tetap terjaga. Porsi tidur yang cukup dan berkualitas, bukan kuantitas.
Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman, menjaga kebersihan diri (kebersihan kulit, wajah, rambut, kuku, bau aroma tubuh) dan lingkungan (kamar tidur, kamar mandi, pekarangan rumah) merupakan beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan seorang muslimah. Kesehatan wanita di masa muda akan sangat berpengaruh bagi kehidupannya kelak jika telah berkeluarga. Misalnya untuk kesehatan reproduksinya, kesehatan organ seksualnya, kekuatan tubuhnya untuk hamil, menyusui, mengurus rumah tangga, dan aktif di masyarakat. Dalam berpakaian pun senantiasa sesuai dengan syari’at agama islam, rapih, bersih, sehingga menciptakan kesan yang baik di pandangan masyarakat, sebagaimana keharusan sosok wanita muslim.
Ini merupakan bagian dari wujud sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberi kita nikmat hidup yang begitu berlimpah. Rasulullah SAW bersabda ketika sahabat Abdullah bin Amr bin Ash berpuasa di siang dan malam hari, “ Janganlah lakukan, karena sesungguhnya matamu memiliki hak yang harus engkau tunaikan, badanmu memiliki hak yang harus kau tunaikan, keluargamu memiliki hak yang harus kau tunaikan, maka puasa dan berbukalah, shalat dan tidurlah.” (HR.Muslim).
Semoga kita, sebagai muslimah senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh yang kita miliki. Kita selalu bersyukur kepada Allah swt atas segala nikmat yang telah Dia berikan. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s