AGENT OF CHANGE REALIZATION

Oleh : Yona Pemela

Tulisan ini cukup menantang untuk saya pribadi. Dari judulnya saja cukup tidak asing didengar, namun manakala ditanya implementasinya, sungguh masih banyak mahasiswa yang menganga.

Agent of change sering kita dengar ketika membicarakan peran dan fungsi mahasiswa. Peran mahasiswa sendiri menurut kacamata saya bukan hanya ini. Ada mahasiswa sebagai iron stock dan mahasiswa sebagai social control. Namun untuk saat ini pembahasan akan saya tujukan kepada peran mahasiswa sebagai agent of change atau agen perubahan.

Mahasiswa sebagai agen perubahan dituntut bersifat kritis dan diperlukan implementasi yang nyata. Bukan hanya sekedar turun ke jalan saja, melainkan harus dibudayakan lagi ruang-ruang membaca buku, diskusi, kajian dan lain sebagainya. Budaya membaca ini sudah hampir hilang pada mahasiswa kini umumnya. Namun ada beberapa kelompok mahasiswa yang masih intens melakukan kegiatan-kegiatan seperti diatas saya tuliskan. Dan mereka buktikan lebih unggul daripada mahasiswa yang hanya kupu-kupu dan kunang-kunang. (Maaf untuk yang merasa tersindir).

Mahasiswa sebagai agen perubahan juga harus memiliki sifat peduli terhadap rakyat. Itu dapat ditunjukkan ketika mahasiswa dapat memberikan bantuan baik secara moril dan materil bagi siapa saja yang membutuhkannya. Misalnya, mahasiswa melakukan KKN, PPL, PKL, dan lain sebagainya. Kegiatan seperti itu jangan hanya dijadikan sebagai syarat dari kelulusan atau hanya formalitas ketika melakukan pendidikan di perguruan tinggi. Kerjakanlah kegiatan itu semua sebagai pengabdian kepada masyarakat yang secara ikhlas dari hati nurani dengan niat untuk melalukan implementasi dari peran dan fungsi mahasiswa yang sesungguhnya.

Harapan bangsa terhadap mahasiswa adalah menjadi generasi penerus yang memiliki loyalitas tinggi terhadap kemajuan bangsa. Mahasiswa adalah garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak rakyat, mengembalikan nilai-nilai kebenaran yang hilang karena kepentingan diri dan nasib kelompok-kelompok elit sehingga menyengsarakan rakyat banyak. Jangan sampai garda terdepan ini terikat oleh politik dan kepentingan kelompok, dan melupakan peranannya sebagai agent of change.

Salam pergerakan.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s