HARMONISASI ORGANISASI

Oleh : Yona Pemela

Kerjasama yang baik dalam suatu organisasi menghasilkan generasi-generasi pembaharu ditunjukan dengan gerakan jalanan dan gerakan intelektual.
Harmonis merupakan kata dasar dari harmonisasi yang menurut KBBI berarti upaya mencari keselarasan, seia sekata. Sedangkan organisasi adalah kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga dapat disimpulkan disini, harmonisasi organisasi merupakan upaya penyelarasan semua anggota dalam suatu organisasi agar tujuan didalamnya tercapai dengan maksimal. Dengan harmonisnya suatu organisasi, tidak akan ada kesalahpahaman yang fatal terjadi.
Keharmonisan ini memang tidak mudah untuk didapatkan. Karena yang namanya menyatukan berbagai jenis kepala dalam satu tubuh organisasi itu cukup menantang. Namun dengan harmonisnya hubungan anggota didalam organisasi, besar kemungkinan membuat tubuh itu kuat dari berbagai penyakit yang menerpa.
Organisasi yang harmonis akan membuat nyaman semua anggotanya. Namun, anggota tersebutlah yang harus membuat nyaman organisasi itu sendiri. Hubungan yang baik antar anggota didalam organisasi akan menjadikan kerjasama yang baik pula. Maka, setiap anggota organisasi harus menghindari hal-hal yang berdampak kurang baik untuk mereka.
Terciptanya organisasi yang harmonis tidak terlepas dari peran penting semua anggotanya. Tidak jarang dalam sebuah organisasi ada selisih paham. Itu wajar. Manakala pendapat anggota satu tidak disetujui oleh anggota kedua dan seterusnya, namun jangan sampai semua anggota berbeda pendapat. Harus ada satu dua diantara mereka yang menjadi penengah.
Berorganisasi yang benar itu tidaklah mudah. Banyak hambatan dalam menjalaninya. Hambatan dari eksternal dan rintangan dari internal. Namun itu semua takkan mampu menyurutkan semangat mengharmoniskan organisasi jika memang kita bersungguh-sungguh bekerja didalamnya.
Besar harapan setiap kepala organisasi untuk membuat tubuhnya harmonis. Harmonis dengan sesama, dengan pihak luar, dan pihak oposisi. Semangat pengharmonisasian gerakan, semangat pengharmonisasian intelektual, dan semangat pengharmonisasian BEM dan MPM Politeknik Triguna Tasikmalaya. Semangat Pergerakan 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s